PROVINSI BENGKULU PECAHKAN REKOR MURI PEMUKUL DOL TERBANYAK DAN TERPANJANG

Pada tanggal 16/11/2017 bengkulu kembali menggoreskan tinta emas di catatan rekor muri, tepatnya pada hari perayaan memperingati hari jadi provinsi bengkulu.
Dengan persiapan lebih kurang 6 bulan lamanya Akhirnya provinsi bengkulu berhasil mencatat rekor muri pemukul dol dengan 2 katagori yang berbeda.
Dol adalah alat musik tradisional provinsi bengkulu, dapat dimainkan dengan 3 (tiga) teknik, yaitu  teknik suwena, teknik tamatam, dan teknik suwari. Teknik ketiga ini dimainkan mengikuti dari suasana pertunjukan dimana dol ini dimainkan. Seperti pada teknik suwena, dalam teknik ini
biasanya alat musik dol dimainkan dengan tempo yang lambat. Teknik ini biasanya dimainkan pada saat suasana berduka cita.
Sedangkan teknik tamatam yang biasanya dimainkan dengan suasana riang. Pada teknik ini dol akan dimainkan dengan tempo cepat dan juga konstan.
Untuk teknik suwari dimainkan dengan menggunakan tempo pukulan satu-satu dan biasanya dimainkan pada saat perjalanan panjang. Dalam memainkan dol, biasanya akan disandingkan dengan alat musik lainnya seperti alat musik tassa, sejenis rebana yang dipukul dengan memakain rotan dan juga sering di sandingkan dengan alat musik seruling dan serunai.
Alat musik Dol ini sudah menjadi ciri has dari provinsi bengkulu dan sudah terkenal di seluruh Indonesia. Di mana hampir di setiap perayaan Indonesia akan di tampilkan pertunjukan dari penabu alat musik dol bahakan di luar negara indonesia sudah mulai dilirik dari negara-negara lain.
Alat musik Dol ini terbuaat dari bongkol/bonggol pohon kelapa dimana pada bagian tengahnya akan di beri lubang seperti lubang gelas/mangkuk. Kemudian barulah ditutup dengan kulit kambing atau kulit sapi. Untuk diameter alat musik ini biasanya memiliki ukuran yang besar mencapai 70 cm sampai 125 cm dengan tinggi mencapai 80 cm. Sementara itu, pada alat pemukul dol ini biasanya memiliki diameter sekitar 5 cm dan panjang sekitar 30 cm. Pembuatan dol umumnya membutuhkan waktu sekitar 3 minggu tergaantung dari tingkat kerumitan saat pengkerjaannya.
Adapun rekor muri yang telah di goreskan Pada tanggal 16/11/2017 adalah 

Rekor Muri Pemukul DOL TERBANYAK dan Rekor Muri Pemukul DOL TERPANJANG.

untuk Rekor Muri Pemukul DOL TERBANYAK bisa di saksikan di SINI dan untuk Rekor Muri Pemukul DOL TERPANJANG kalian dapat saksikan di SINI dan sobat dapat menyaksikan meriahnya Pembukaan festival Pemukulan Dol bengkulu sekaligus pemecahan rekora muri Di SINI

No comments:

Post a Comment